Resistor

Resistor


Pengertian
Resistor atau hambatan adalah salah satu komponen elektronika yang memiliki nilai hambatan tertentu, dimana hambatan ini akan menghambat arus listrik yang mengalir melaluinya. Sebuah resistor biasanya terbuat dari bahan campuran Carbon. Namun tidak sedikit juga resistor yang terbuat dari kawat nikrom, sebuah kawat yang memiliki resistansi yang cukup tinggi dan tahan pada arus kuat. Contoh lain penggunaan kawat nikrom dapat dilihat pada elemen pemanas setrika. Jika elemen pemanas tersebut dibuka, maka terdapat seutas kawat spiral yang biasa disebut dengan kawat nikrom.

 Satuan
Satuan Resistor adalah Ohm (simbol: Î©) yang merupakan satuan SI untuk resistansi listrik

 Fungsi
Resistor berfungsi sebagai penghambat arus listrik. Jika ditinjau secara mikroskopik, unsur-unsur penyusun resistor memiliki sedikit sekali elektron bebas. Akibatnya pergerakan elektronya menjadi sangat lambat. Sehingga arus yang terukur pada multimeter akan menunjukan angka yang lebih rendah jika dibandingkan rangkaian listrik tanpa resistor.
Namun meskipun misalnya kita menyusun rangkaian listrik tanpa resistor, bukan berarti tidak ada hambatan listrik didalamnya. Karena setiap konduktor pasti memiliki nilai hambatan, meskipun relatif kecil. Namun dalam perhitungan matematis, biasanya kita abaikan nilai hambatan pada konduktor tersebut, dan kita anggap konduktor dalam kondisi ideal. Itu berarti besar resistansi konduktor adalah nol.
Menghitung resistor berdasarkan kode warna

Contoh soal
Resistor dengan empat gelang.
Gelang pertama berwarna merah.gelang kedua berwarna hijau gelang ketiga berwarna oranye dan yang terakhir/paling bawah adalah emas(toleransi)
Ket:
Gelang 1 sebagai angka awal,,gelang 2 sebagai angka dibelakang gelang 1,,gelang 3 sebagai pengali,,gelang terakhir sebagai toleransi.
Jawab
Merah(2),,Hijau(5),,orange(3),,emas(5%)
25 × 3 × 5%
75 × 5 ÷ 100             =}       
3,75 toleransi ± 3,75 maksudnya adalah 75 - 3,75 dan 75 ditambah 3,75

Posting Komentar

0 Komentar